Fakta tengan Planet Jupiter

Alam semesta adalah tempat yang  misterius dalam sistem tata surya kita bersama galaksi dan bintang-bintang. Alam semesta memiliki delapan planet yang mengorbit pada matahari, yaitu Merkuri, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Setiap planet ini  sangat berbeda satu sama lain dan unik dengan caranya sendiri. Seperti Jupiter, yang merupakan sebuah planet luar biasa dengan banyak fakta-fakta mencengangkan. Inilah  fakta menakjubkan tentang Jupiter:

 

1. Lokasi dan Ukurannya

Jupiter adalah planet kelima terdekat menuju Matahari yang terletak antara Mars dan Saturnus. Jupiter juga merupakan planet terbesar, jika dibandingkan sama dengan 122 bumi. Jika berbicara volume lebih dari 1.300 bumi bisa muat dalam Jupiter. Gravitasi yang dilakukan Jupiter adalah dua setengah kali lebih kuat dari yang dilakukan Bumi. Seandainya seseorang dengan bobot 100 kg berdiri di Jupiter, maka beratnya akan menjadi 150 kg. Masa Jupiter adalah 317 kali lebih besar dari Bumi atau dua setengah kali dari semua planet yang tersisa dalam sistem tata surya kita.

Perbandingan Jupiter dengan Bumi (sumber gambar : daviddarling.info)

 

2. Asal Nama Jupiter

Nama Jupiter berasal dari mitologi Romawi yang merupakan dewa utama. Dalam mitologi tersebut Jupiter disebutkan sebagai anak Saturnus, saudara dari Pluto dan Neptunus. Jupiter menikah dengan Juno. Namun Jupiter berselingkuh dengan banyak wanita lainnya dan memiliki anak dari empat planet bulan terbesar (Io, Europa, Ganymede dan Callisto). Semuanya diberi nama pencinta Jupiter.

“Jupiter et Thétis” karya Jean Ingres, 1811 (sumber gambar : id.wikipedia.org)

 

3. Sudah Didatangi 8 Satelit

Sejauh ini 8 satelit dari Bumi  sudah “ditugasi” meneliti Jupiter. Satelit tersebut masing-masing Pioneer 10, Pioneer 11, Voyager 1, Voyager 2, Galileo, Ulysses, Cassini-Haugens dan New Horizons. Pionner 10 diluncurkan pada 1972 dan pesawar ruang angkasa pertama yang mengunjungi Jupiter. Pionner 10 dan 11 mengunjungi planet terbesar ini pada 1973 dan 1974, diikuti Voyager 1 dan 2 yang diekplorasi pada 1979. Enam belas tahun kemudian giliran Ulysses, Galileo (1995), Cassini-Huygens (2000) dan New Horizons (2007). Pesawat ruang angkasa lainnya yang dijadwalkan diterbangkan adalah Juno pada Agustus 2011 dan diperkirakan akan mencapai Jupiter Agustus 2016.

Pioneer 10 (sumber gambar : space.skyrocket.de)

 

Cassini-Haugens (sumber gambar : turbosquid.com)

 

4. Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

Untuk melihat Jupiter kita bisa menyaksikannya dengan mata telanjang. Ketika melihat langit malam, Jupiter merupakan objek paling terang besama Venus dan Bulan yang merupakan benda terang dalam tata surya kita. Bahkan Jupiter lebih terang dari bintang paling terang  yang disebut Sirius. Dengan sepasang teropong atau teleskop kecil, Jupiter terlihat muncul dengan lingkaran putih dengan empat bulang terang lainnya (Ganymede, Io, Europa dan Callisto).

Jupiter dan Sagitarius (sumber gambar : astrobob.areavoices.com)

 

5. Memiliki Medan Magnet yang Kuat

Jupiter memiliki medan magnet terkuat dalam sistem tata surya. Sangat menakjubkan empat belas kali lebih kuat dari Bumi. Beberapa astronom percaya bahwa medan magnet Jupiter diciptakan gerakan hydrogen metalik yang ditemukan jauh di dalam planet. Medan magnet menangkap partikel terionisasi dari angin dan kecepatan matahari. Akibatnya partikel menciptakan radiasi sekitar Jupiter yang dapat menyebabkan kerusakan yang besar pada pesawat ruang angkasa yang ingin mendapatkan gambar dari dekat pada planet besar itu.

Kandungan Hidrogen Metalik ditiap Planet (sumber gambar : futurity.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s