About Vocaloid

Hallo mina-san~

Udah lama banget gak buka blog lagi, sampai-sampai post terakhir masih bisa dibilang “abal-abal” banget. Nah, sekarang aku kembali lagi buat nge-post apa aja yang tentunya buat bisa dibaca sama kalian hehe. Oh iya, akhir-akhir ini juga, aku keseringan nonton anime jadi sekian persen otaku udah mengalir didarah sekarang (?) (ini apa /?). Oke stop curhatnya, aku mau ngepost tentang VOCALOID.

Buat anak otaku pasti udah gak kerasa asing lagi sama namanya VOCALOID, ya gak ?. Kalau ada yang belum tau tentang  “Apa itu Vocaloid?” Vocaloid (ボーカロイド?) adalah perangkat lunak yang diproduksi oleh Yamaha Corporation yang dapat menghasilkan suara nyanyian manusia, lebih tepatnya sejenis Anime yang di-dubbing gitulah cuma Vocaloid ini bukan Anime, official kerjaan mereka cuma nyanyi aja tapi kadang ada yang iseng bikin anime yang diperani oleh member-member Vocaloid ini.

Yang hebatnya lagi, fans mereka banyak banget sampai udah sering bikin konser. Search aja diyoutube konser Vocaloid, thats so amazing !!! Cuma gunain sejenis Infokus gitu (?) mereka bisa dance, nyanyi, nyapa para fans diatas panggung tanpa ada cacat sedikitpun maksud cacatnya itu kesalahan dalam segi teknisnya. Jepang emang wow kalau soal animasi, kagumlah. Ayo yang mau ke jepang, siap siap jaga iman, mata, hati dan otaknya /plak (ini rancu sorry xD)

Langsung aja ke intinya ya. Judul post blognya “About Vocaloid”, disini aku bakal ngenalin beberapa member Vocaloid buat kalian. Check it out😉

1. Hatsune Miku

Hatsune_Miku_Gruen_Weis_by_STINKI_Tier

Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid 2
Release Date : 31 Agustus 2007
Gender : Female

Age : 16 tahun
Height/weight : 158 cm/42kg
Voice Base : Fujita Saki

Nama hatsune Miku diambil dai nama Hatsu (Pertama), Ne (Suara), Miku (Kanji Mirai yang artinya masa depan). Gadis berambut biru muda panjang berkuncir 2 ini mengambil sampel suara Fujita Saki. Miku dan VOCALOID menjadi sangat populer semenjak seorang pengguna dari situs Nico Nico Douga menggungah video Hatsune Miku (Ver. Chibi) yang menyanyikan lagu ievan polka yang di remix dengan nada super cepat sambil mengibas – ngibaskan daun bawang. Sejak saat itu banyak pengguna program VOCALOID yang membuat lagu sendiri, mengunggahnya, dan lagu tersebut digunakan pengguna situs lain yang membuat animasi untuk lagu tersebut.

2. Kaito

ewdg

Developer : Crypton Future Media LTD.

Series : Vocaloid 1
Release : 17 February 2006
Gender : Male
Voice Base : Fuga Naoto

Kaito hanya terjual 500 Copy saja dan Crypton menganggapnya produk gagal. Akan tetapi, setelah seri Hatsune Miku dirilis, Kaito dirombak ulang dan sekarang banyal pengguna Vocaloid menyukai karakter suaranya yang lembut tapi kuat.

3. Meiko

Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid 1
Release Date : 5 November 2004
Gender : Female
Voice Base : Haigo Meiko

Meiko adalah seri Vocaloid pertama yang dipasarkan dengan box ilustrasi anime. Suara Meiko yang diambil dari Haigo Meiko yang stabil dan datar, sehingga cocok untuk bernyanyi dalam jenis musik apapun. Sebelum Megurine Luka muncul, Meiko adalah suara paling dewasa untuk data suara jepang. Karena jenis suaranya lebih mengalir, Meiko punya jangkauan nada yang cukup luas.

4. Kagamine Rin dan Kagamine Len

Rin_Len_Kagamine_06

Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid 2
Release Date : 27 Desember 2007
Gender : Female (Kagamine Rin) and Male (Kagamine len)
Age : 14 tahun
Height/Weight : 152cm/43kg (Kagamine Rin), 156cm/47kg (Kagamine Len)
Voice Base : Shimoda Asami

Sepasang anak kembar berambut kuning ini mengambil nama dari Kagami (Cermin), Ne (suara), Len (Mungkin diambil dari kata kanan) dan Rin (mengambil dari kata kiri). Software vocaloid 2 ini memasukan data ganda untuk anak laki – laki dan perempuan. Karena itu Crypton mencari pengisi suara yang mampu menyuarakan duo gender sekaligus. Walaupun berjenis kelamin laki – laki, jangkauan suara Len hampir sama persis dengan Rin, Hanya sedikit rendah. Suara Len dan Rin sangat harmonis sehingga penggunaanya dapat menggunakan keduanya untuk duet dalam satu lagu.

5. Megurine Luka
Megurine-Luka-vocaloid-songs-26581914-640-725
Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid 2

Release Date : 30 Januari 2009
Gender : Female
Age : 20
Heigh/Weight : 162cm/45kg
Voice Base : Asakawa Yuu

Namanya diambil dari kata Meguri (seputar), Ne (suara), dan luka (Luca) yang diambil dari kanji Nagare (Arus), dan Ka (Lagu). Program Luka dibuat untuk dwi-bahasa, jepang dan inggris, Hanya beberapa hari dari perilisannya, banyak lagu dibuat dengan suara Luka muncul dan langsung masuk ke 30 besar TOP CHART diweekley VOCALOID Ranking (Februari 2009).

6. Kamui Gakupo
jnk
Developer : Internet Co.LTD
Series : Vocaloid 2
Release Date : 31 Juli 2008
Gender : Male
Age : 21
Voice Base : Camui Gackt

Awalnya INTERNET Co. ingin membuat karakter Vocaloid berdasarkan suara penyanyi yang sudah ada. Sayangnya sulit untuk mencari penyanyi yang setuju. Setelah berkonsultasi dengan pihak Dwango yang mengurus NICO – NICO DOUGA, mereka menyarankan untuk menggunakan Gackt. Gacky setuju untuk meminjamkan suaranya dan menamai Vocaloid tersebut, Gackpoid.

7. Cul

Vocaloid-CUL-vocaloid-cul-31627647-989-900

Developer: INTERNET Co, Ltd

Release Date: 22 Desember 2011
Gender : Female

Voice BAse : Hiroto (desainer) & LAT (modeler)

Cul dimulai sebagai maskot untuk VOCALO Revolution. Pada tanggal 8 Juni 2011, Yamaha mengumumkan bahwa CUL cocok dijadikan Vocaloid nyata dengan penyedia suara Eri Kitamura. Penerbitnya adalah INTERNET Co, Ltd Pada 4 November 2011, demo pertamanya, sebuah cover dari demo Gumi V3 “A Flash of Summer”, dirilis di YouTube. Intertnet Co mengumumkan di twitter, CUL akan dirilis sekitar Desember 22. Sebuah demo kedua juga sudah di upload, kali ini sebuah cover dari demo V3 Gumi “Nightmare.” Demo yang ketiga dan keempat juga telah di upload.

8. IA

IA-Vocaloid-anime-girls-35986287-1000-1480

Developer: 1st PLACE

Series : Vocaloid 3

Release Date: 27 Januari 2012

Age : 15

Voice Base : Aka Akasaka

IA adalah voicebank Vocaloid3 yang diberikan oleh Lia penyanyi Jepang yang terkenal dengan “Tori no Uta”, digunakan untuk membuka tema Air visual novel. Desain nya digambarkan oleh Aka Akasaka, sedangkan arah desain adalah Maxilla inc.Dia diberi kepribadian dasar sebagai karakter yang kuat dan jujur, seorang pemimpi yang ingin berteman dengan semua orang.

9. See U

bvmn

Developer : SBS

Series : Vocaloid 3

Release Date : 21 Oktober 2011 (Korea Selatan) & 16 Desember 2011 (Jepang).

Age : 17

Voice BAse : Kim Dahi (Member Girl Group of GLAM)

SeeU (시유, Shiyu) adalah voicebank untuk Vocaloid3, Vocaloid yang mampu Korea pertama dan  “Korea / Jepang bilingual”pertama.Pengisi suara adalah artis Kim Dahi (17 tahun anggota lama dari girls band K-pop “Glam “). Tanggal rilis nya adalah 21 Oktober 2011 (Korea Selatan) dan 16 Desember 2011 (Jepang). Demo yang disebut I-Fantasy diproduksi oleh Bang Shi Hyuk (alias Bang Hitman) awalnya dirilis memperkenalkan dia ke fandom Vocaloid selama pengumuman Vocaloid3. Pada tanggal 30 Agustus 2011, nama dan penampilannya terungkap. Akan ada versi edisi terbatas dari perangkat lunak sebagai seorang starter pack.

Preorders untuk SeeU berlangsung pada tanggal 14 Oktober dan sebuah komunitas yang disebut “CreCrew” sedang dibuka untuknya. Dia dibebaskan pada 21 dengan pilihan 3 Starter Vocaloid atau tidak. Dia juga memiliki edisi terbatas dengan hanya voicebank dan buku. SBS menyebutkan bahwa mereka adalah menjaga harga turun pada SeeU. Pembeli di luar negeri harus membeli melalui eBay. Sebuah demo ketiga “Shining Star” juga dirilis. Tanggal rilis SeeU diumumkan di situs resmi SeeU serta pada halaman Artech_vocaloid SBS twitter. Ia dirilis di Korea pada 21 Oktober. SeeU dirilis di Jepang pada tanggal 16 Desember 2011.

Oke guys, kayanya sampai diSee-U aja deh yang bisa aku Share buat kalian. sebenernya masih banyak banget, kurang lebih 30an lah. Kalian bisa saksiin sendiri diberbagai situs Youtube tentang aksi Vocaloid konser, nyanyi ya kkk.. Project Diva mereka juga keren keren, pokonya rugi kalo ga sekalian denger + liat juga. Ayo, siapa Oshi kalian di Vocaloid ini? kalo aku sih masih labil banget suka sama siapa, suaranya ucul-ucul semua sih xD

Salam penutup dari aku ya guys -KJui

2 thoughts on “About Vocaloid

    • ohh gitu ya? mungkin saya ada salah dalam membaca informasi detailnya🙂 terimakasih atas kritik dan komennya Berliana🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s